Berbisnis Cabe Hidroponik Sangat Menguntungkan, Berikut Cara Tanam Cabe Merah Hidroponik ~ INDOBERITA.com

Berbisnis Cabe Hidroponik Sangat Menguntungkan, Berikut Cara Tanam Cabe Merah Hidroponik

Indoberita.com – Berbisnis Cabe Hidroponik Sangat Menguntungkan, Berikut Cara Tanam Cabe Hidroponik. cabe merupakan kebutuhan pokok yang tidak bisa di jauhkan dalam kehidupan. Selain di konsumsi sendiri, cabe Hidroponik juga bisa di pasarkan, dan bisa di jadikan lahan bisnis yang menguntungkan. Budidaya cabe secara hidroponik tidaklah sulit. perlu di ketahui budidaya cabe hidroponik tidak menggunakan lahan yang luas. bagi anda yang memiliki lahan sempit dan ingin menanam cabe sangat di anjurkan untuk menanam cabe secara hidroponik.

Cabe termasuk ke dalam suku terong – terongan. Tanaman satu ini bisa ditanam pada daerah dataran rendah maupun dataran tinggi serta proses penanamannya yang terbilang mudah. Cabe merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat serta nilai ekonomi yang tinggi. Hal inilah yang menjadikan cabe banyak ditanam oleh petani Indonesia. Melihat potensi dari manfaat cabe demikian besar, sipendik akan mengulas tentang hidroponik cabe bagi pembaca.

Untuk budidaya cabe hidroponik, anda bisa melihat langkah – langkah tepat menanam cabe hidroponik di bawah ini.


Cara Menanam Cabe Merah Hidroponik.

  • Pemilihan Benih Cabe Merah

Pemilihan bibit atau benih cabe merupakan salah satu langkah yang penting karena untuk mendapatkan hasil panen yang baik juga ditentukan oleh benih cabe yang bagus dan berkualitas. Benih cabe bisa kita peroleh di toko – toko pertanian atau bisa juga dengan membuat benih sendiri dari cabe yang ada di rumah. Sebelum memulai untuk pembibitan sebaiknya kenali dulu indukan cabe yang akan digunakan, usahakan memilih indukan yang berkualitas dengan ciri – ciri tanaman cabe terlihat kokoh, menghasilkan cabe yang sehat, besar, dan lebat, tanaman tidak terserang penyakit, tidak cacat, memiliki daun yang tidak keriting, serta pilihlah indukan yang sudah tua sehingga bisa menghasilkan benih dengan daya tumbuh yang cepat.

  • Penyemaian Benih Cabe Merah.

Sebelum proses penanaman hidroponik dimulai kita harus melakukan persemaian benih cabe. Proses penyemaian dimulai dengan menjemur benih cabe sekitar 3 hari, kemudian rendam benih menggunakan air hangat selama 3 jam dan pada proses ini kita bisa menambahkan vitamin yang berguna untuk mempercepat proses pertumbuhan benih cabe. Ambilah biji cabe yang benar – benar tenggelam karena biji yang tenggelam memiliki kualitas dan daya tumbuh yang lebih baik.

Setelah proses perendaman bungkuslah benih cabe menggunakan kain basah selama 1 malam atau 24 jam hal ini dimaksudkan untuk mempercepat tumbuhnya cambah. Sambil menunggu tumbuhnya cambah, Anda bisa menyiapkan media semai yang akan digunakan nantinya.

Untuk media persemaian gunakan campuran antara tanah : kompos : arang sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Jika media persemaian sudah siap, saatnya memasukkan media semai yang sudah Anda buat tadi ke dalam pot atau polybag. Kemudian semai atau sebarkan biji cabe ke dalam polybag yang telah berisi media semai. Jangan lupa buat lubang di tengah – tengah media dengan kedalaman sekitar 0.5 cm yang berfungsi untuk peresapan.

Siramlah benih yang sudah disemai setiap pagi dan sore dengan menggunakan semprotan air yang halus supaya bibit tidak rusak dan hindari penyiraman hingga air menggenang, cukup dengan kondisi lembab saja. Lakukan hal ini hingga benih tumbuh.

  • Menyiapkan Media Hidroponik.

Media tanam yang digunakan yaitu campuran antara sekam dan sabut kelapa dengan perbandingan 1 : 1. Belah botol plastik menjadi 2 bagian kemudian masukkan media tanam yang sudah Anda buat ke dalam botol bagian atas selanjutnya bagian atas botol tadi dimasukkan ke bagian bawah botol yang sudah diberi larutan nutrisi yang mencakup kandungan unsur makro seperti Ca, N, P, K, serta Mg. Larutan nutrisi bisa diperoleh di toko pertanian. Jangan lupa siapkan sumbu dari kain flanel yang berfungsi mengalirkan larutan nutrisi menuju ke tanaman.

  • Pemindahan Bibit Cabe Kemedia hidroponik.

Bibit cabe sudah siap dipindahkan ke media tanam sekitar umur 21 – 24 hari atau ketika bibit cabe sudah memiliki 4 – 5 helai daun. Siram tanaman dengan air secukupnya saja dan jangan sampai menggenang. Setelah 1 minggu tanaman cabe sudah bisa dipindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari.