Home Peristiwa Berita AirAsia Terbaru : Setelah Flight Data Recorder (FDR) Berhasil Diangkat, Kini...

Berita AirAsia Terbaru : Setelah Flight Data Recorder (FDR) Berhasil Diangkat, Kini Giliran Cockpit Voice Recorder (CVR) yang Diburu

0

Indoberita.com – Berita AirAsia Terbaru : Setelah Flight Data Recorder (FDR) Berhasil Diangkat, Kini Giliran Cockpit Voice Recorder (CVR) yang Diburu. Keberhasilan Basarnas menemukan salah satu komponen penting dari Black box yakni Flight Data Recorder (FDR) senin (12/1) pagi, diharap bisa mengungkap penyebab kecelakaan pesawat AirAsia QZ 8501 pada Minggu (28/12) kemarin. Setelah FDR berhasil diangkat, kini giliran salah satu komponen dari Black box yang menjadi incaran tim penyelam yakni Cockpit Voice Recorder (CVR).

Sebanyak 81 penyelam yang berada di lima kapal mengupayakan pengambilan CVR Air Asia QZ8501 yang jaraknya 20 meter dari lokasi penemuan FDR. Namun hal ini mengalmi sedikit kendala karena CVR tertindih puing pesawat yang tidak mampu diangkat oleh penyelam. Untuk mengatasi hal ini, Basarnas menggunakan balon pengapung untuk mengangkat puing pesawat tersebut. Meski tertindih puing pesawat, diharapkan CVR masih baik mengingat komponen ini didesain sangat kuat.

Dengan ditemukan dua komponen penting data black box ini, diharpakan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bisa segera mengungkap penyebab kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501 yang membawa 162 penumpang tersebut.

Pada pencarian hari ke 16 tim gabungan berhasil menemukan dan mengangkat FDR pada pukul 07.11 dan diangkat ke KN Jadayat. Selanjutnya, FDR dipindahkan ke KRI Banda Aceh dan diambil langsung oleh Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan ketua KNKT Tatang Kurniadi. Selanjutnya, komponen yang berisi data penerbangan seperti ketinggian, kecepatan, dan temperatur saat pesawat mengalami kecelakaan tersebut langsung dibawa ke Jakarta setelah helikopter yang membawa Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan Tatang Kurniadi tiba di Bandara Iskandar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.