Berita Terkini Hari Ini: Erupsi, 7 Warga Gunung Sinabung Terkena Semburan Lava ~ INDOBERITA.com

Berita Terkini Hari Ini: Erupsi, 7 Warga Gunung Sinabung Terkena Semburan Lava

Indoberita.com- Gunung Sinanbung kembali erupsi, beberapa saat yang lalu tepatnya pada Kamis waktu setempat terjadi erupsi di Desa Tiga Serangkai, Karo, Sumatera Utara, atas kejadian tersebut Sinabung berada pada status Awas (Level IV).

Status ini pun mengharuskan warga dan pengunjung pun untuk tidak beraktifitas maupaun melakukan pendakian pada radius 3 km hingga 5 km dari lereng gunung.

Namun walau begitu masih ada saja warga sekitar yang terlihat tak mengindahkan peraturan. Meladang pada radius sekitar 4,5 km, sebanyak tujuh orang warga Desa Gamber,Kecamatan Namantran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu, pukul 17.48 WIB terkena luncuran awan panas erupsi Gunung Sinabung, bahkan tiga orang dilaporkan tewas dan empat lainnya kritis.


Warga sekitar mengatakan bahwa saat ini beberapa korban meninggal dan yang mengalami luka bakar sudah seluruhnya dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan Polri, TNI, dan Petugas BPBD Karo ke RSU Karo.

Pencarian korban untuk sementara ini masih akan berlangsung pasa minggu mengingat medan dan cuaca yang tidak memungkinkan.

Menurut warga sembuaran awan panas kali ini cukup dahsyat, bahkan banyak rumah warga yang terbakar akibat terkena semburan lava dan material vulkanik.

Menurut informasi, saat ini ratusan warga Desa Gamber masih tinggal di lokasi penampungan erupsi Gunung Sinabung di sejumlah Posko di Kabanjahe.

Data yang diperoleh, aktivitas erupsi Gunung Sinabung masih tetap tinggi, dan pada Sabtu (21/5) terjadi awan panas guguran yang terjadi secara menerus pada pukul 14.28 WIB, 15.08 WIB, 16.39 WIB, dan 16.48 WIB.

Awan panas guguran 4,5 km mencapai Sungai Lao Borus ke arah Barat. Tinggi kolom abu vulkanik mencapai 3.000 meter.Status Awas.

Warga dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan-Tenggara, dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara-Timur, serta dalam jarak 4 km untuk sektor Utara-Timur laut Gunung Sinabung agar dievakuasi ke lokasi yang aman.