Home Peristiwa Nasional Black Box Pesawat AirAsia QZ8501 Ditemukan Dalam Keadaan Baik

Black Box Pesawat AirAsia QZ8501 Ditemukan Dalam Keadaan Baik

0

Indoberita.com – Black Box pesawat AirAsia QZ8501 telah ditemukan hari ini, Senin (12/01).  ‘Kotak hitam’ berisikan data-data terkait penerbangan pesawat AirAsia tersebut ditemukan dalam kondisi masih baik. Setelah diangkat dari dasar perairan selat Karimata, Kalimantan Tengah, Black Box segera dikirim ke Jakarta untuk diserahkan kepada KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi).

Black Box yang ditemukan menyusul diangkatnya ekor pesawat AirAsia QZ8501 itu berupa bagian FDR (Flight Data Recorder). Di sini tersaji rekaman terkait ketinggian, kecepatan, putaran mesin, radar, dan lain sebagainya termasuk auto pilot sebelum pesawat jatuh. Data-data ini akan digunakan proses investigasi tentang kronologi kecelakaan pesawat yang akan menuju ke Singapura tersebut.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi, Tatang Kurniadi, memberikan konfirmasi bahwa Black Box pesawat AirAsia QZ8501 yang ditemukan dalam keadaan normal. Dan semua elemen dipastikan masih dalam kondisi yang baik.

“Meskipun sudah terendam air laut lama, tapi memori yang tersimpan di dalam FDR itu tidak akan rusak dan dijamin aman. Sebab pelindung memori FDR terbuat dari bahan metal yang sanggup menahan panas hingga 1.000 derajat,” jelas Tatang, Senin (12/01).

Pukul 16.00 WIB tadi, Black Box pesawat AirAsia QZ8501 masih berada di Pangkalan Bun.  Black Box dimasukkan ke dalam kontainer air. Tujuannya, agar memori tidak rusak. Black Box akan segera dikirim ke kantor KNKT di Jakarta untuk dianalisis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.