Gunung Sinabung Kembali Erupsi Tadi Pagi ~ INDOBERITA.com

Gunung Sinabung Kembali Erupsi Tadi Pagi

Indoberita.com – Gunung Sinabung kembali erupsi Tadi Pagi Sebanyak dua kali, Gunung berapi yang berada di  Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Erupsi ini menymburkan awan panas sampai ketinggian 1.000 meter ke udara. kepulan asap dapat terlihat sampai jarak puluhan kilo meter.

penduduk di sekitar di harap waspada dan agar tidak panik, erupsi yang mulai pukul 09. 59 itu mengeluarkan abu vulkanik dan lahar panas yang menyembur dari perut gunung.

Erupsi pertama terjadi sekira pukul 07.32. Kolom letusan mencapai ketinggian 1.0000 meter. Bahkan, kolom letusan terlihat dari Brastagi yang jaraknya 25 Km dari puncak Sinabung.


kantor Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat ada sembilan kali ledakan yang mengakibatkan gempa guguran terjadi sejak pukul 00.00 dini hari. Sebanyak 631 kali gempa frekuensi rendah dan tremor terjadi sepanjang malam dan pagi tadi. Guguran lava pijar meluncur jauh hingga sejauh 1.5 km ke arah timur tenggara.

Dan untuk setatus gunung sinabung kini sendiri masih berada di lavel IV. Aktivitas gunung masih tinggi dan fluktuatif. di harapkan masyarakat setempat berwaspada dan di himbau agar tidak panik. menghindari zona yang sudah di tetapkan pemerintah setempat yaitu sejauh 3 Km dari gunung, 7 Km ke selatan, dan 6 Km ke tenggara.
RRN.

Untuk yang kesekian kalinya Gunung berapi paling aktif ini memuntahkan lava pijar dan awan panas yang mengakibatkan perkebunan warga rusak karena abu vulkanik yang di keluarkan dari perut gunung.