Melihat 'Cahaya Surga' di Gua Jomblang ~ INDOBERITA.com

Melihat ‘Cahaya Surga’ di Gua Jomblang

Indoberita.com – Hutan purba dan ‘cahaya surga’ gua vertikal di Gua Jomblang. Keindahan alam yang berupa gua di sepanjang pegunungan pesisir selatan kota Yogyakarta, memang tak terbantahkan lagi. Di sepanjang pegunungan tersebut terdapat ribuan gua dengan keindahan alamnya yang memiliki ciri khas masing-masing. Kalu hanya gua yang horizontal, mungkin sudah banyak orang ketahui, tapi bagaimana dengan gua yang mempunyai lorong vertikal ?

Gua Jomblang, yang terletak di gunung kidul ini adalah salah satu gua yang memiliki lorong vertikal. Saking uniknya keindahan alam yang ada di gua ini, pengambilan gambar aAmazing Race America pernah dilakukan di sini. Gua vertikal ini sendiri terjadi karena proses geologis ribuan tahun yang lalu, yakni amblesnya tanah beserta vegetasi di atasnya ke perut bumi. Runtuhan ini membentuk sebuah lubang yang menyerupai sumur yang dalam istilah jawa disebut ‘Luweng’. Jadi Gua Jomblang yang memiliki mulut gua seluas 50 meter ini juga sering disebut dengan ‘Luweng Jomblang’.

Untuk menikmati keindahan gua Jomblang ini, diperlukan kemampuan teknik tali tunggal atau Single Rope Technique (SRT) dan perlu didampingi


oleh seorang pemandu. Kesulitan menyusuri lorong gua vertikal ini terbayar dengan keindahan alam yang terdapat di dasar gua yang berupa hutan purba yang masih sangat subur. Terdapat berbagai pohon, paku-pakuan, semak, lumut dan berbagai vegetasi lain yang masih sangat subur.

Keindahan gua ini tidak berhenti sampai di sini saja. Gua Jomblang ini terhubung dengan Gua Grubuk yang dihubungkan dengan lorong gua yang cukup besar sejauh 300 meter. Ketika menyusuri lorong ini, kita akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat menakjubkan berupa sungai bawah tanah yang mengalir deras. Sesampainya di ujung lorong kita akan disuguhi dengan sebuah ‘cahaya surga’ yang terpancar dari luweng Grubug bagai sebuah tiang cahaya dengan ketinggian 90 meter. Sebuah keindahan yang bisa membayar rasa lelah ketika menyusuri gua ini.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan ketika ingin melihat ‘cahaya surga’ di Gua Jomblang :

  • Waktu yang tepat untuk menyusuri gua ini sekitar pukul 10.00 – 12.00 WIB. Karena pada waktu ini akan tercipta pancaran sinar ‘cahaya surga’ yang sangat indah.
  • Ketika menyusuri gua ini harus menggunakan peralatan khusus dan didampingi oleh pemandu yang profesional. Jika ingin mengunjungi Gua Jomblang ini bisa menghubungi pemilik Jomblang Resort, Cahyo Alkantana ( +62 811 117 010)
  • Jumlah maksimal orang yang bisa mengunjungi gua ini dalam waktu yang bersamaan adalah 25 orang. Hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan ekosistem dan kondisi gua.