Pakar: Pajak 10 % Akan Buat Bisnis Online Lesu ~ INDOBERITA.com
Pakar: Pajak 10 % Akan Buat Bisnis Online Lesu

Pakar: Pajak 10 % Akan Buat Bisnis Online Lesu

Indoberita.com – Bisnis Online di Indonesia sepertinya harus rela jika pendapatannya menurun. Pasalnya, sekarang ini pemerintah sedang membahas peraturan tentang pajak yang akan dikenakan kepada pelaku bisnis Online. Pemerintah berencana menerapkan PPN 10 persen dari setiap transaksi jual-beli online baik untuk perusahaan maupun individu.

Rancangan undang-undang  yang sedang dibahas di Dirjen Pajak tersebut disinyalir akan merugikan pembisnis online karena mereka akan terkena double take. Contoh, jika harga HP senilai 1 juta termasuk PPN, maka kalau dibeli secara online dikenakan lagi pajak 10 persen. Dengan begitu, harga di toko Online menjadi sangat mahal dan tidak kompetitif.

Sebagai imbasnya, para konsumen tentunya tidak akan lagi berminat untuk transaksi di toko-toko online yang baru berkembang di Indonesia seperti sekarang ini.


Menurut pakar e-commerce  Institut Teknologi Bandung (ITB), Agung Harsoyo, jika peraturan itu benar dilaksanakan maka akan membuat bisnis online menjadi lesu.

Ia juga menyarankan agar peraturan tersebut hendaknya tidak diterapkan karena akan banyak menemui kendala. Alasannya, tujuan pengenaan pajak sebenarnya adalah; agar bisnis lebih rapi dan tertata dan lebih kompetitif. Jika peraturan malah membuat kondisi bisnis online melemah, sebaiknya peraturan yang akan ditetapkan itu dievaluasi kembali.

Agung Harsoyo juga berpesan; jangan membuat peraturan tapi tidak bisa dijalankan dengan baik. Sebaiknya pemerintah lebih agresif dalam mendorong perkembangan bisnis online yang sekarang mulai tumbuh di masyarakat ini. Jadikan e-commerce sebagai salah satu fondasi sistem ekonomi kerakyatan, ujarnya.