Home Gaya Hidup Wisata Waspada Merapi: Wisata Pendakian di Klaten ditutup Sementara

Waspada Merapi: Wisata Pendakian di Klaten ditutup Sementara

0

Indoberita.comРGunung Merapi merupakan salah satu andalan wisata di Kota Klaten misalnya jalur pendakian. Beberapa jalur pendakian yang populer di spot wilayah kota Klaten ialah via Deles dan Sapuangin di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang.

Namun bagi anda yang berniat untuk traveling dan hiking ke puncak merapi harus berpuasa terlebih dahulu. Belakangan ini Gunung Merapi berstatus Waspada yang artinya dalam radius tertentu dilarang dihuni oeh manusia termasuk pendaki.

Guguran lava pijar yang terjadi di puncak maupun lereng merapi dapat berakibat fatal bila wisata pendakian tetap dilakukan. Dilaporkan guguran lava pijar terakhir terjadi pada Sabtu 5 Januari 2018 malam dengan jarak luncur mencapai 500 meter di lokasi Kali Gendol.

Aktivitas Gunung Merapi belakangan ini terpaksa membuat para pendaki yang biasa menempuh lereng merapi dari Deles Indah maupun spot lainnya harus stop dulu demi keamanan.

Selain pendaki, Masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana (KRB) III diminta tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunung Merapi.

Terakhir Merapi erupsi besar-besaran ialah pada tahun 2010 silam yang mengubur desa Kinahrejo kampung Mbah Maridjan.

Sebagai catatan, Gunung Merapi merupakan salah satu Gunung Api paling aktif di Dunia. Gunung yang menduduki kota Jogja, Klaten, Boyolali ini pun amat digemari oleh para pendaki. Dari Merapi pendaki dapat melanjutkan ekspedisi mereka ke tetangga Merapi, Gunung Merbabu yang relatif lebih aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.