BERITA TERKINI DAN TERBARU : Daya Beli Masyarakat Indonesia Menurun, Kok Bisa...??? ~ INDOBERITA.com
jual beli

BERITA TERKINI DAN TERBARU : Daya Beli Masyarakat Indonesia Menurun, Kok Bisa…???

Indoberita.com – Daya Beli Masyarakat Indonesia Menurun, Kok Bisa…???. Memasuki kuartal kedua pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2017. Di laporkan ada grafik peningkatan 5.01%. Dan catatan tersebut di anggap dalam kondisi yang cukup baik.

Akan tetapi, jika data itu terus di kaji dan di usut lebih kedalam, ternyata konsumsi kebutuhan rumah tangga hanya tumbuh tipis di angan 4,95%. Dan catatan tersebut jika mengacu pada pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama yang terdata mencapai 4,94%. Padahal di kuartal kedua, pada bulan Juni adan momen lebaran yang biasanya daya konsumsi masyarakat ada kenaikan.

Lantas apa yang membuat daya beli masayarakat Indonesia di nilai menurun? Menurut Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), sebabnya karena dari masyarakat kelas kelas menengah ke atas menahan belanja. Bahkan menurut Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani ada yang tidak segan menahan investasinya yang berdampak pada berkurangnya produksi.

“Banyak hal, mereka (pelaku usaha) merasa tidak nyaman dari berbagai kondisi, mulai isu politik intoleransi, mulai kebijakan yang membuat mereka enggak bisa bergerak artinya rugi,” kata Hariyadi Rabu (9/8/2017).

Selain itu, para pengusaha juga di tuntut untuk mengikuti aturan yang berlaku sakarang seperti Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang tengah gencar melakukan penertiban yang berimbas barangnya menjadi mahal dan masyarakat enggan membeli.

“Sekarang semua ingin ikutin aturan begitu di-tune in (sesuaikan) barangnya jadi mahal, terus siapa yang mau beli, makanya ini enggak nyambung antara realita masyarakat dengan policy-nya. Policy-nya maunya ideal terus sementara masyarakat tidak ada kemampuan. Ini meski diaturin, kita sudah kasih tahu,” tegas Hariyadi.

sumber : Detik.com