Jalan-jalan Jadi Mudah Dengan Aplikasi DOcar Sewa Mobil Jogja Solo Semarang

INDOBERITA.com – Docar adalah Aplikasi sewa mobil Jogja Solo Semarang (Joglo Semar) berbasis Android. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah sebuah provinsi khusus di Pulau Jawa yang terletak di sebelah selatan Provinsi Jawa Tengah. DIY terkenal sebagai destinasi wisata andalan di Indonesia setelah Provinsi Bali. Letak geografis, kondisi alam, dan sejarah panjang DIY membuat wilayah ini mempunyai destinasi pariwisata lengkap, mulai dari wisata alam hingga wisata religi. Untuk menjelajahi daerah Yogyakarta yang begitu luas, sewa mobil Jogja merupakan rekomendasi terbaik karena mudah dan fleksibel.

Sektor pariwisata dinilai sebagai sektor ekonomi utama bagi DIY. Banyaknya objek wisata alam, keanekaragaman upacara keagamaan dan budaya, serta keramahtamahan masyarakat Jogja membuat orang-orang menyukai Jogja sebagai tempat wisata. DIY juga menjadi tempat penting saat masa-masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga memperkaya nilai-nilai budaya dan tempat wisata sejarah.

Berikut ini daftar wisata Jogja paling populer pilihan Docar Sewa Mobil Jogja Solo Semarang:

Benteng Vredeburg

Tempat wisata bersejarah satu ini terletak di jantung Kota Yogyakarta. Pemerintah Belanda di Indonesia membangun Benteng Vredeburg pada tahun 1765.

Sultan Hamengku Buwono I mengizinkan pembangunan benteng yang hanya berjarak satu tembakan meriam dari Keraton Jogja karena waktu itu Pemerintah Hindia-Belanda mengaku pembangunan benteng ini untuk menjaga keaman keraton dan sekitarnya. Padahal, Belanda membangun benteng ini agar dapat mengontrol keraton.

sewa mobil jogja ke Benteng Vredeburg
sewa mobil jogja ke Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg sempat dimanfaatkan oleh Tentara Indonesia sebagai markas militer RI tahun 1945 hingga 1977. Hingga tahun 1992, benteng ini berperan penting sebagai bangunan tempat kebijakan berbagai sosial-politik digulirkan.

Indonesia kini tidak lagi menghadapi ancaman penjajahan Belanda dan Jepang. Benteng Vredeburg pun dialihfungsikan menjadi museum. Pemugaran benteng bagian dalam dilakukan demi membangun ruang museum. Meskipun demikian, benteng bagian luar museum seluas sekitar 2.100 meter persegi ini masih sama seperti aslinya.

Sesuai SK Mendikbud RI Prof. Dr. Fuad Hasan No. 0475/O/1992 tanggal 23 November 1992, Benteng Vredeburg kini mempunyai nama resmi Museum Benteng Yogyakarta. Museum ini menyimpan diorama-diorama masa sebelum Proklamasi, setelah Proklamasi, dan Orde Baru. Ruangan yang ada di museum ini adalah ruang pertunjukan, ruang audio visual, ruang belajar kelompok, ruang perpustakaan, ruang seminar, ruang pelatihan, ruang pertemuan, dan ruang tamu. Adapun fasilitas museum terdiri dari pemandu wisata, kamar mandi, mushola, dan free hotspot.

Gua Pindul

Objek wisata satu ini mulai terkenal sejak pernah muncul di salah satu televisi swasta. Objek wisata andalan Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta ini mengunggulkan atraksi cave tubing.

Cave tubing adalah sebuah kegiatan menyusuri gua dengan cara naik ban pelampung. Gua Pindul memiliki sungai yang dapat ditelusuri dari mulut gua hingga bagian akhir gua. Aliran air sungainya sangat aman bahkan bisa dilakukan oleh wanita hamil.

rental mobil jogja ke Goa Pindul

Aliran sungai dari mata air Gedong Tujuh akan membawa pengunjung melintasi bagian-bagian gua. Bagian tersempit dari Gua Pindul hanya bisa dilewati oleh satu orang. Perjalanan menyusuri gua dengan menggunakan ban berakhir di sebuah dam.

Panjang total perjalanan yang dilalui peserta cave tubing Gua Pindul adalah 350 meter. Ukuran terlebar gua adalah ima meter. Jarak permukaan air sungai bawah Gua Pindul dengan atap gua empat meter.

Selama melewati lintasan, ada tiga zona yang dilewati yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap. Dari mulut gua hingga lintasan akhir, cave tubing memakan waktu sekitar satu jam.

Beralih ke isi gua, Gua Pindul sudah ditetapkan sebagai gua yang mempunyai stalagtit terbesar keempat di dunia. Stalagtit tersebut disebut Soko Guru. Stalagtit ini sudah menyatu dengan stalagmit sehingga berbentuk seperti pilar lebar. Selain stalagtit dan stalagmit, ada juga moonmilk dan batu kristal yang dapat disaksikan pengunjung ketika melintasi gua.

Menuju ke tempat ini, Anda dapat menggunakan aplikasi sewa mobil online DOcar untuk membantu Anda menemukan perusahaan rental mobil Jogja yang akan mengantar Anda sampai di Gua Pindul, yang berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari kota Jogja.

Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo merupakan pantai terkenal di Jogja yang terletak berdampingan dengan Pantai Depok dan Pantai Parangtritis. Jarak pantai ini dengan pusat kota sekitar 30 kilometer.

Pantai Parangkusumo sering dijadikan tempat berziarah dan bersemedi karena suasananya tenang namun mistis. Pertapa memilih satu di antara dua spot bersemedi yang ada di pantai. Spot pertama adalah spot Panembahan Senopati pernah melakukan semedi. Tempat itu dinamakan Sela Ageng.

pantai parangkusumo

Spot semedi kedua adalah Batu Sengker. Alkisah, di tempat inilah Panembahan Senopati bertemu dengan Nyi Roro Kidul. Mereka berdua dipercaya duduk di sebuah bangunan bernama Cepuri. Batu-batu yang ada di tempat itu kini dinamakan Batu Cinta.

Warga percaya, Pantai Parangkusumo adalah gerbang utama menuju kerajaan gaib milik Nyi Roro Kidul. Sang Ratu disebut-sebut menguasai Laut Selatan dan Samudera Hindia. Hingga kini, warga mengadakan ritual labuhan sebagai simbol ikatan dan kekuasaan antara Keraton Yogyakarta dan Keraton Gaib Nyi Roro Kidul.

Acara labuhan dilakukan warga setahun sekali pada tanggal kelahiran sultan yang sedang berkuasa. Ritual itu dimulai dengan doa di Batu Sengker dan berakhir di Pantai Parangkusumo. Selain labuhan, ritual lainnya yang dilaksanakan di sini adalah upacara Malesti, Labuhan Ageng, dan acara tirakatan.

Wisatawan tidak hanya mengunjungi pantai ini untuk wisata budayanya tetapi juga wisata alamnya. Pantai Parangkusumo adalah tempat yang tepat untuk berburu matahari tenggelam.

Pantai Parangkusumo dapat Anda kunjungi dengan mudah dengan memanfaatkan sewa mobil Jogja. Terutama bagi Anda yang berniat melakukan ritual pada malam hari, sewa mobil Jogja menjadi satu-satunya pilihan untuk menuju ke pantai ini.

Alun-alun Kidul

Alun-alun adalah tempat pertemuan raja dan rakyatnya. Di tempat ini, banyak acara rakyat diselenggarakan. Kasultanan Yogyakarta pun juga mempunyai dua alun-alun dengan fungsi masing-masing. Alun-alun Lor (Utara) digunakan sebagai tempat berkumpulnya masyarakat berwatak ribut. Sedangkan Alun-alun Kidul-disingkat AlKid (Selatan) adalah tempat orang-orang beristirahat (palereman).

Alun-alun Kidul dulu dijadikan tempat mengadakan empat kegiatan unik yang hanya bisa ditemui di tempat tersebut. Saat ini, hanya satu dari empat aktivitas unik tersebut yang masih lestari.

alun alun kidul

Kegiatan pertama dinamakan setonan atau acara ketangkasan berkuda. Orang Jawa juga mempunyai kesenian memanah tradisional yang dulu sering dilombakan di Alun-alun Kidul. Perlombaan itu disebuh manahan. Para atlet memanah tradisional memegang busur tradisional yang sangat berat lalu memanah target dengan posisi duduk bersila.

Aktivitas berikutnya yang sudah punah adalah Rampok Macan, adu harimau. Yang terakhir, masyarakat menjalankan ritual Laku Masangin. Aktivitas yang satu ini masih banyak dilakukan oleh masyarakat setempat dan turis.

Masangin, kepanjangannya adalah masuk di antara dua beringin, adalah sebuah permainan tantangan yang diberikan kepada siapa pun yang berani menjalankannya. Tantangan itu mengharuskan pelakunyauntuk berjalan di antara dua beringin kembar di tengah-tengah Alun-alun Kidul.

Masyarakat percaya ritual Laku Masangin mengandung setidaknya dua mitos. Mitos pertama, ritual Masangin digunakan sebagai tolak bala untuk melumpuhkan kekuatan musuh yang berusaha menumbangkan kekuasaan Keraton Yogyakarta.

Mitos yang lain, warga percaya ritual Laku Masangin berasal dari sayembara Hamengku Buwono I. Sayembara ini dibuat untuk mencari pasangan yang berbudi baik bagi putri raja.

Syarat bagi seorang lelaki untuk bisa memperistri putri Hamengku Buwono I adalah berhasil melalui dua beringin kembar di tengah Alun-alun Kidul. Untuk melewati dua beringin yang disebut juga ringin kurung itu, peserta diharuskan memakai penutup mata. Usai melewati ringin kurung, bakal calon menantu raja harus bisa berjalan menuju Pendopo di sebelah selatan Alun-alun Kidul. Kabarnya, hanya Prabu Siliwangi yang berhasil melakukan semua itu karena hatinya bersih.

Ritual Masangin saat ini juga dilakukan para wisatawan. Mereka mencoba melewati dua beringin kembar itu dengan penutup mata yang disediakan oleh warga. Jika berhasil melewati dua beringin dengan sukses, warga percaya keinginan yang bersangkutan akan terkabul.

Mengunjungi Alun-alun Kidul Jogjakarta dapat dengan mudah Anda jangkau dengan sewa mobil Jogja. Anda dapat mencari rental mobil Jogja terbaik dengan menggunakan aplikasi sewa mobil Docar. Docar akan memberikan informasi detail mobil dan membantu Anda membandingkan mobil satu dengan yang lainnya dari sisi harga maupun kualitas mobil.

Bukit Bintang

Objek wisata persinggahan di dataran tinggi diminati masyarakat karena menyajikan hawa dingin sejuk. Tak terkecuali sebuah bukit yang berada di kawasan Patuk, Piyungan. Bukit bernama asli Bukit Hargo Dumilah ini juga disebut Bukit Bintang karena dari tempat ini orang-orang bisa melihat ribuan lampu bertebaran di bawah bukit, berkilauan seperti bintang.

Bukit Bintang yang terletak di posisi 150 meter di atas Kota Yogyakarta ini menjadi primadona anak muda di akhir pekan. Beragam pemandangan apik tersaji, terutama apabila waktunya tepat.

bukit bintang

Pemandangan sunset alias matahari terbenam menjadi incaran fotografer alam. Pesawat yang sedang lepas landas dan mendarat di Bandara Internasional Adi Sucipto terlihat jelas dari bukit. Di kejauhan, Gunung Merapi-Merbabu bisa terlihat jelas jika cuaca cerah.

Bukit Bintang juga merupakan lokasi wisata kuliner yang menawarkan pemandangan menawan. Gala dinner romantis di hotel berbintang? Bersantai di kedai kopi? Makan siang dengan pemandangan cityscape? Semuanya bisa dilakukan di sini.

Backpackers tidak perlu takut overbudget memilih lokasi menghabiskan waktu liburan karena ada banyak tempat yang menyediakan makanan murah. Menu-menu yang disajikan seperti misalnya kopi panas, pisang bakar, jagung bakar, dan roti bakar pasti bisa membuat pesta Anda bersama teman-teman semakin meriah.

Kelima destinasi wisata pilihan Jogja itu bisa dijangkau lebih mudah dengan jasa rental mobil Jogja lewat aplikasi sewa mobil online DOcar. Penyedia platform rental mobil ini sekarang tersedia gratis di Google PlayStore. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat memilih mobil dari banyak rental mobil di Jogja dan langsung melakukan transaksi sewa mobil secara online lewat perangkat ponsel pintar yang dimiliki. Selain melayani jasa sewa mobil jogja, DOcar juga melayani sewa mobil Solo dan Sewa Mobil Semarang.

You might also like

Leave a comment