LUKISAN CANTIK TUHAN DI TANAH POSONG

Indoberita.com- Posong???? Mungkin, sebagian orang akan bertanya apa itu posong.Yah posong atau yang biasa orang menyebut Wisata Alam Lembah Posong adalah obyek wisata baru berada di perbatasan antara temanggung dengan wonosobo.

 

Secara administrasi tempat wisata alam yang mengususkan pada pemandangan utama lereng Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro secara bersamaan ini berada di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

 
Posong di rintis oleh masyarakat sekitar sejak awal tahun 2011 dan baru terkenal akhir tahun 2015.Papan petunjuk tempat wisata ini bisa di bilang sepanjang jalan cuma ada satu di kiri jalan dari arah temanggung,jadi untuk para wisatawan yang akan pergi berlibur ke posong harus cermat membaca informasi di tepi jalan.Akses jalan menuju ke posong cukup mudah, dari arah temanggung kita lurus ambil arah wonosobo di sekitar rest area kledung kita bakal lihat papan kecil bertuliskan wisata alam posong di situ sudah banyak warga lokal yang mengantri menjadi tukang ojek membawa kita ke puncak posong dengan membayar Rp 15.000 , maju sedikit sekitar 20 meter kita ketemu pos atau gerbang masuk Wisata Alam Lembah Posong.

 

 

Pos masuk ini berfungsi sebagai pos penjagaan dan pos penarikan tiket masuk yang dikelola oleh masyarakat sekitar yang mengelola kawasan Wisata Alam Lembah Posong. . Tiket masuk ini seharga Rp 7.000 dan uang parkir satu sepeda motor Rp 2000.

 
Perjalanan dilanjutkan dengan melewati jalan berbatu yang dipadatkan dengan medan menanjak sejauh 3,5 kilometer. Medan jalanan cukup berliku dan banyak persimpangan jalan. Kondisi jalan kadang terasa licin ketika basah karena hujan atau embun dari kabut gunung. Disebelah kiri kanan jalan terdapat pemandangan hijau yang indah dan parit kecil yang kadang tertutup oleh rerumputan. Diharapkan pengunjung selalu berhati-hati dan memperhatikan papan petunjuk arah menuju Wisata Alam Lembah Posong.

 

 

Pemandangan yang terlihat selama perjalanan menuju lokasi Wisata Alam Lembah Posong sungguh menarik dan tidak membosankan. Pengunjung akan dihibur dengan pemandangan ladang perkebunan penduduk yang cukup luas dengan terasering yang tampil apik. Tidak ada bangunan rumah disepanjang perjalan menjadikan suasana tampak alami dan terasa berada di alam bebas. Beberapa tanaman perkebunan dan pertanian di sekitar Lembah Posong yang ditanam oleh masyarakat sekitar antara lain kopi, cengkeh, tembakau,ciplukan dan sayur-sayuran.Tapi pengunjung tetap harus berhati-hati karena tanjakan yang tajam banyak motor yang sering macet,jadi kalau berwisata ke posong harap bawa alat-alat kunci motor yang cukup.

 

 

Di posong yang berudara sejuk sudah di fasilitasi 2 gardu pandang untuk menikmati keindahan bukit serta barisan gunung gunung yang berada di deretan posong,seperti Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro yang menawarkan pemandangan sangat indah khas pegunungan yang menajubkan. Informasi mengenai panorama matahari terbit (sunrise) yang menjadi unggulan tempat ini dan favorit turis mancanegara tidak kalah dengan panorama sunrise dari Bukit Sikunir Dieng.

You might also like

Leave a comment