Pusat Gempa Bumi Nias (Gunungsitoli), 6 Januari 2017: Gempa Berkekuatan 4,6 SR

Pusat Gempa Bumi Nias (Gunungsitoli), 6 Januari 2017: Gempa Berkekuatan 4,6 SR

Indoberita.com – Gempa bumi kembali mengguncang Indonesia. Kali ini gempa bumi di rasakan warga di Kota Gunungsitolis, Nias dengan kekuatan 4,5 SR. Gempa Bumi yang di rasakan warga Gunungsitoli tersebut berpusat di laut dengan titik koordinat 1.44 LU 98.05 BT. Pusat gempa berada di laut 52 km Timur Laut Gunung Sitoli.

Gempa bumi yang terjadi di Gunungsitoli, Nias ini terjadi karena pergeseran lempeng bumi yang berada di kerak dasar laut. Gempa bumi ini sendiri mampu membuat warga yang tengah bersanataimenikmati malam harus panik dan berhamburan keluar rumah. Menurut sumber BMKG mengatakan jika gempa yang terjadi tidak berpotensi Tsunami.

Namun BMKG tetap menghimbau kepada warga yang berpenghuni di dekat pantai agar selalu berwaspada. Gempa bumi yang mempunyai kekuatan 4,5 SR tersbeut terjadi pada pukul 18:03:32 WIB.

Dan menurut data yang masuk gempa yang terjadi di Gunungsitoli tersebut tidak membuat kerusakan pada rumah warga.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa berkategori gempa dangkal yang terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia.

Salah seorang warga di Gunungsitoli, Nias mengungkapkan jika dirinya snagat panik ketika gempa mengguncang daerahnya.

“Gempa yang mengguncang sangat mengagetkan, dan banyak warga berlarian kesana – kemari kerena panik. Apa lagi tidak berselang lama banyak isu beredar jika akan ada tsunami.” Ujar Fintoko, warga Gunungsitoli pada media, Jum’at (6/1/2017).

You might also like

Leave a comment